Pages

Kamis, 22 November 2012

Jenis - jenis Musik

Tadi saya telah memperkenalkan apakah itu musik dan juga fungsi musik bagi kita, sekarang saya akan memberti tau tentang beberapa jenis musik yang ada. Silahkan disimak.
 
 
 

1.Blues
Blues adalah sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat. Blues biasa dimainkan dengan blue note dan penerapan pola call-and-respone, yaitu dimana 2 kalimat dinyanyikan oleh 2 orang yang berbeda yang biasanya merupakan kalimat tanya jawab. Alat musik yang biasanya digunakan yaitu gitar, gitar bass , saksofon, piano, dan masih banyak lagi.

2. Country
Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat Bagian Selatan.Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel, dan berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik countrymulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahun 1970-an, istilah musik country telah menjadi istilah populer. Istilah lain untuk genre musik ini adalah country and western, namun sudah semakin jarang dipakai. Alat musik yang biasa digunakan yaitu gitar, biola, drum, dan lain - lain.

 
3. Metal
Metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an. Aliran musik ini mengutamakan gitar yang cukup banyak. Aliran metal ini mempuanyi banyak subgenre, antara lain Trash metal, Black metal , Death metal, dan lain - lain.

 
4. Hip Hop
Hip Hop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing/rap, DJing, breakdance, dan graffiti. Aliran musik Hip Hop juga memiliki subgenre yang cukup banyak, contohnya yaitu Rapcore, Electro, dan lain- lain.

 
5. Jazz
Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari campuran-campuran musik di Afrika dan Eropa. Dalam aliran ini, hal yang terpenting yaitu sinkopasi. Alat musik yang biasa digunakan yaitu gitar,drum,piano, dan lain-lain.

 
6. Musik Klasik
Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengacu pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orkestra. Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik. Hal ini membatasi adanya praktek-praktek seperti improvisasi dan ornamentasi ad libitum yang sering didengar pada musik non-Eropa.

 
7. Pop
Musik populer atau Musik pop adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyak bersifat komersial. Musik populer pertama kali berkembang di Amerika Serikat pada tahun 1920. Musik ini berkembang ke seluruh dunia, dan juga merupakan induk dari semua musik modern.

 
8. Rock
Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Musik rock memiliki banyak subgenre.Alat musik yang digunakan yaitu Gitar elektrik, Gitar bas, Drum, dan Kibor.

 
Masih banyak jenis-jenis musik lainnya, tetapi karena waktu yang terbatas, saya hanya bisa membagi informasi tentang jenis - jenis musik yang sedikit.
 
Sumber : http://rockalternatifzoners.blogspot.com/2012/06/jenis-jenis-musik-mancanegara.html



0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news